Ticket Masuk Goa Pindul

ticket masuk goa pindulHarga Ticket masuk Goa Pindul akhir akhir ini di isukan akan naik, hal ini di karenakan pemerintah mempunyai keinginan menarik retribusi kepada setiap pengunjung yang masuk obyek wisata goa pindul.
Pemerintah Kabupaten maupun DPRD Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akhirnya menyetujui perubahan Perda Nomor 6 Tahun 2012 tentang Retribusi Tempat Rekreasi maupun olahraga. Retribusi di kawasan wisata inipun naik.

Ketua Pansus Reperda Perubahan Perda Nomor 6 Tahun 2012 tentang Retribusi Tempat Rekreasi serta latihan jasmani DPRD Gunungkidul, Suhardono, menyerukan bahwa setelah dilakukan pembahasan beberapa kali, bakal DPRD dan Pemkab menyetujui kenaikan retribusi wisata. “Kenaikan retribusi berlainan di setiap kawasan wisata,” katanya di Gunungkidul, DIY, baru-baru ini.

Kenaikan tarif retribusi di antaranya di kawasan Pantai Baron membuat Rp10 ribu per orang, keatas dua kali lipat dari awalnya Rp5.000, juga Sadeng, Wedi Ombo, Ngrenehan, dan Siung. Sementara, untuk tujuan wisata Goa Pindul yang awalnya tidak ada retribusi, berbagai pengunjung ditarik Rp10 ribu. Kawasan kasrt Kali bersih dikenai tarif sebanyak Rp5.000 per pengunjung, sebelumnya tanpa retribusi. tur Air Terjun Sri Getuk ataupun Gunung Api Purba dikenai retribusi sebesar Rp2.000 per tamu. Gunung Gambar sebesar Rp2.800, Gua Cerme sebanyak Rp3.000, dan Akuarium Laut sebesar Rp1.000 per pengunjung.

Dikatakannya, persetujuan retribusi selalu memerlukan persetujuan dan evaluasi dari Gubernur. selesai disetujui, nantinya akan segera ditindaklanjuti dengan penerbitan Peraturan tumenggung tentang petunjuk pelaksanaannya.

“Nanti hendak dievaluasi Gubernur dulu,” imbuhnya.

Sebenernya harga ticket masuk goa pindul sudah termasuk tinggi di banding tempat wisata lainnya.
Hardono berharap kenaikan retribusi ini akan meningkatkan PAD sektor pariwisata sejumlah Rp7 miliar di tahun 2014 mendatang. “Kenaikan tarif ini juga bagaimanapun juga diikuti peningkatan pelayanan,” ucapnya.

Sementara, Kepala Bidang peluasan Produk rekreasi Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul, Hari Sukmana, menyebutkan bahwasanya perbedaan tarif pada beberapa kawasan wisata mempertimbangkan destinasi yang timbul didalamnya. Misalnya, Pantai Baron naik dua kali lipat sebab destinasinya cukup banyak, dari Baron hingga Pok Tunggal.

“Untuk wilayah udik Wisata Bejiharjo yang memiliki Goa pindul, di sana melimpahnya opsi dan ialah wisata minat khusus,” jelasnya.

Ia menambahkan, penarikan retribusi di kawasan udik wisata akan berkoordinasi dengan pelaksana yang ada. “kita hendak koordinasikan dahulu. Dengan begitu, seluruh sekretariat yang ada bisa menerimanya,” tambahnya.

Secara terpisah, kepala adat Pokdarwis Dewa Bejo, Subagyo, mengaku keberatan dengan besarnya retribusi yang dibebankan kepada pengunjung sebesar Rp10 ribu. “Dari awal, kami setuju retribusi, tetapi tidak sebesar itu,” urainya.

Dijelaskannya, dengan vonis tersebut pihaknya akan menaikkan tarif menjadi Rp40 ribu per orang, dengan rincian Rp30 ribu bagi tiket masuk ke Goa Pindul dan Rp10 ribu untuk retribusi ke Pemkab.
Demikianlah informasi tentang ticket masuk Goa Pindul, semoga dengan informasi ini bisa membantu anda untuk menghitung budget dan menentukan itinery untuk berlibur di Gunungkidul.

One Response

  1. […] ← Ticket Masuk Goa Pindul […]

Leave a comment